04 March, 2018

Spesifikasi Bus Listrik PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Karoseri New Armada

Busnesia.Com - Bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) diperkenalkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 yang berlangsung sejak Kamis lalu hingga Minggu 4 Maret 2018. Sekilas, bus dengan body buatan karoseri New Armada ini cukup gagah penampilannya. Fitur seperti Antilock Brake System (ABS), disk brake untuk setiap rodanya, suspensi udara, dan jok pengemudi model hidrolik sudah diterapkan pada bus ini. Lalu bagiamana dengan spesifikasinya?


Spesifikasi Bus Listrik PT Mobil Anak Bangsa

Sumber listrik bus ini menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate (LiFePo) 576 Volt 450 Ampere dengan kapasitasnya 259,2 kWh. Baterai ini untuk menggerakkan motor listrik HYYQ 800-1200. Motor listrik ini berkekuatan 200 kw atau setara 268 hp serta mempunya torsi 2400 Nm. Bus listrik ini sanggup dipacu jingga kecepatan maksimal 70 Km/jam. Dengan kecepatan seperti itu dan dalam kondisi baterai penuh, bus listrik ini dapat melaju hingga 300 Km. Sementara untuk waktu sekali pengisian daya baterai diperlukan 3 jam. Itu waktu yang dihitung dari baterai 0 sampai 100%.

Nah, dibagian depan, tepatnya di belakang jok pengemudi, pada sisi kiri dan kanannya terdapat boks hitam besar. Boks ini kabarnya adalah baterai listrik yang menjadi sumber tenaga bus tersebut.


Untuk ruang kokpit terlihat jauh lebih modern dibanding bus-bus Transjakarta. Panel instrumennya terpampang digital dengan infomasi kecepatan bus serta kondisi baterai.


Wheel base bus listrik MAB ini 5.950 mm dengan minimal ground clearance 250 mm. Overhang depan 2.390 mm dan belakang 3.600.

Lalu ke bodi, Overall panjang bus listrik ini 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tingginya 3,27 meter.

Lalu berapa kapasitas penumpang bus tersebut? Dengan desain untuk penumpang duduk dan berdiri, angkutan itu bisa mengangkut 60 orang. Untuk penumpang yang berdiri telah disediakan pegangan tangan agar aman seperti di Commuter Line.

Untuk eksterior bus listrik MAB ini, bagian depannya tampak lega dengan kaca yang besar. Lampu depannya sudah projektor, sementara foglamp pakai LED, lampu sein juga sudah LED. Antara lampu utama lambang MAB dengan background biru.


Sementara bagian belakangnya ada emblem “New Armada” dan “Electric Bus”. Ini menandakan jika bodi bus Mobil Anak Bangsa ini menggunakan karoseri New Armada serta ini adalah bus elektrik. Bus listrik ini merupakan prototipe kedua alias bus MD255-XE2 dengan warna biru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email