11 April, 2017

Restorasi Bus Dodge PO Sumber Alam

Busnesia - Setelah salah satu bus klasik koleksinya ikut dalam event atau Pameran Bus Klasik InCUBUS 2017 rupanya PO Sumber Alam semakin semangat membangun koleksi klasik lainnya. Hal ini terlihat dari foto yang di unggah oleh rekan Handoyo Setyo Negoro di akun Facebooknya. Nampak salah satu teknisi PO Sumber Alam foto bersama bus Dodge yang sedang di restorasi di salah satu ruang perbaikan milik PO Sumber Alam.


Bus Dodge

BusNesia tentu senang melihat bus Dodge ini kembali di restorasi setelah beberapa tahun terlihat mangkrak. Bus Dodge ini cukup bersejarah dalam catatan transportasi publik Indonesia. Saat itu pemerintah Indonesia mendapat bantuan dari USAID untuk pengadaan bus kota di Jakarta. Dalam periode ini dikenal generasi Dodge. Untuk mengenangnya, pemilik PO Sumber Alam sengaja mendatangkan bus Dodge yang rencananya untuk menambah koleksi di museum otomotif miliknya yang berada dalam satu lokasi dengan rest area dan waterboom Sumber Adventure Center atau lebih dikenal SAC Kutoarjo yang terletak di desa Andong, Kecamatan Butuh, Purworejo. 

Mesin Mercedes Benz OM366, Mercedes Benz OF Series

Jika BusNesia amati, Bus Dodge ini menggunakan mesin Mercedes Benz OM366 copotan dari chasis bus Mercedes Benz OF series. Bagi BusNesia sendiri tidak telalu menjadi masalah mengingat spare part bus Dodge sendiri sudah sangat susah kita peroleh. Yang pentting kita bisa menyaksikan bus Dodge ini kembali jalan meskipun hanya untuk wisata sejarah. 

Semoga proses restorasi bus Dodge ini lancar dan bisa segera di pajang di museum Sumber Adventure Center di Andong, Kutoarjo, Purworejo sehingga kita bisa segera menyaksikan bus Dodge ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email