28 March, 2017

Mengenang Bus Jogja Cepat

Busnesia - Kali ini kita akan membahas sejarah bus PO JOGJA CEPAT atau ada juga yang menyebut JET (Jogja Express Transportation). Jogja Cepat adalah bis Jurusan Yogya - Bandung milik bapak Welly, karena ada sedikit masalah bis ini "kukut" dan hanya tinggal kenangan saja. Bus Jogja Cepat dulu sering disebut juga JET. Bis ini dulu bersaing dengan PO. Muncul, PO. Super Armada dll, setelah Muncul dan Super armada cabut kemudian bersaing dengan Putra Remaja (jur: Jogja-Bandung-Palembang), agen kedua PO ini berhadap-hadapan di Jl. Magelang, Putra Remaja mengeluarkan 1 unit dan si JET ini lebih dari 10 unit dan Yogya Cepat (JET) bangkrut maka jurusan Jogja Bandung diambil oleh Rajawali, Kramatdjati, dan Bandung Express.



Dan ini foto salah satu pengemudi bus Jogja Cepat yakni bapakR Roedy T Priatna  hasil penelusuran Busnesia.Com dari Putra beliau yakni mas Rudy Junior.

Bapak R Roedy T Priatna (Pengemudi PO Jogja Cepat)
Dan ini surat tugas beliau pada 13 Mei 1978

Surat Tugas Bapak R Roedy T Priatna Mengemudikan Bus Jogja Cepat

Nah itulah sedikit catatan sejarah dari bus Jogja Cepat yang Busnesia peroleh dari sumber di atas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan rekan-rekan penggemar bus di Indonesia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 Responses to "Mengenang Bus Jogja Cepat"

  1. Sebagai info tambahan, saya pernah sebagai pengguna setia bus malam Jogya Express sejak jaman menggunakan LP dan OF. Bahkan saat itu JET masih mengoperasikan seri O302.
    Di Cimahi agennya ada di Pasar Baros dan pertigaan pasar Antri. Di Bandung agen pusatnya di Jl. Sunda, persis sebelah selatan teteg sepur Jl. Sunda.
    Kalau di Jogya, agen pusat ada di Jl. Perwakilan, sebelum jadi Malioboro Mall. Sedangkan garasinya di Gapura Batas Timur Kota Jogya.
    Mayoritas body menggunakan karoseri Morosae hasil karya JET sendiri.

    ReplyDelete
  2. Ketika terminal jogja msih di THR,JET ini sempat jaya dgn trayek jogja bandung.Juga armada bis malam jurusan Jakarta Bandung Surabaya Sumatra masih boleh ambil penumpang di ShoppingCentre (sekrang jadi taman pintar).Ketika termnal pindah ke Umbulharjo th 1983,3 thn berkutnya ada 2 armada Jet yg mer cy LP 911 AB 2520 A & AB 2982 A dibeli sebuah po baru utk trayek Wonosari Jogja.Po baru inilah yg kelak justru bikin JET ini colaps,karna di th 1994 an po baru tadi juga bikin trayek Wonosari Bandung Cimahi.PO MAJU LANCAR namamya,muncul dgn armada baru hino RK dgn nopol AB 2954 D & 2955 D.2 thn bersaing dgn ML akhirnya Jet ini kandas.Garasinya dulu dkt hotel BENKRA,sekrang jadi hotel Saphir square.Owya aku ada teman montir Jet,namanya p.Ngadiman,trus pindah kerja di po Bimo jursan jogja wonsari jadi sopir AB 2826 B.Juga 1 lgi, namanya p.Sumadi,montir Jet.
    Apa kabar mreka yaw..Monggo yg tau bisa share disini..dgn aku,irewan jaya konco lawas cah karankajen jogja..Tak tunggu loh..

    ReplyDelete
  3. Pak Irewan jaya..saya pernah ketemu sbentar dg pak Ngadiman yg dulu montir bus Jet,tapi kok dia malah kerja jadi montir juga di garasi maju lancar..Tahun 98 an pow..Monggo di temui aja mgkin masih kerja disono..

    ReplyDelete
  4. Ini bus favorit keluarga saya tiap pergi ke cimahi-magelang dan sebaliknya, walau ada Bandung express, harum sari, apalagi Super Armada express, karena servicenya lebih bagus terakhir naik sekitar tahun 1990 dan bis mulai turun pamor ketika Kramat Djati naik daun dgn tampilan kece saat itu buka trayek Jogja-magelang-bandung/cimahi. Sayang sekarang sudah kolaps

    ReplyDelete

Followers

Follow by Email