29 January, 2017

Bus Pariwisata Tempo Dulu, Bus Thames Trader P0 Kalisari

Busnesia - Artikel kali ini Busnesia akan membahas bus pariwisata tempo dulu. Bus pariwisata jadul ini menggunakan bus Bus Thames Trader. Bus pariwisata jadul bermerek Thames Trader ini adalah dokumentasi dari PT Kalisari Citra Jaya atau lebih kita kenal dengan PO Kalisari. Acara wisata tempo doeloe di Surabaya, armada bus Thames Trader PT Kalisari Citra Jaya untuk mengantarkan wisatawan sebuah perusahaan kosmetik yakni PT Viva Cosmetic pada tahun 60-an.


Sejarah Thames Trader

Thames Trader merupakan kendaraan yang di produksi oleh Ford Motor Inggris di pabrik Ford Dagenham. Saat itu semua kendaraan komersial Ford dilabeli brand Thames. Thames Trader diproduksi cukup lama antara tahun 1957-1965 dengan berbagai macam varian sebelum akhirnya digantikan oleh Ford Seri D. Dari berbagai sumber yang Busnesia telusuri ternyata jumlah bus dan truk ini di Indonesia lumayan banyak, tercatat 1500 unit truk masuk secara CBU, menyusul 3000 unit kemudian yang masuk CKD.


Selama diproduksi Thames Trader dibagi menjadi 2 generasi, Thames Trader generasi pertama di produksi tahun 1957-1962, sedangkan generasi kedua diproduksi tahun 1962-1965. Bentuk Thames Trader sangat khas sehingga mudah sekali dikenali. Untuk tmesin Thames dibekali dengan dua jenis mesin, versi awal menggunakan mesin bensin, sedangkan versi akhir sudah menggunakan mesin diesel, untuk yang masuk Indonesia besar kemungkinan adalah versi diesel 6 silinder berkapasitas 5400 cc.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 Responses to "Bus Pariwisata Tempo Dulu, Bus Thames Trader P0 Kalisari"

Followers

Follow by Email