25 July, 2016

Riset Bus Tanpa Pengemudi, Mercedes Benz Uji Jalan CityPilot Autonomous Bus Technology Di Amsterdam

Busnesia dalam artikel kali ini akan membahas inovasi dari dunia bus yakni dikembangkannya bus tanpa pengemudi oleh Mercedes Benz. Setelah sukses dengan teknologi otonomos pada konsep Future Truck 2025. Truck dengan teknologi otonomos tersebut bisa berjalan secara otomatis dengan kecepatan maksimum 85 km/jam dikendalikan oleh sistem Highway Pilot. Kemudian, pabrikan berlogo three pointed stars mengadaptasi teknologi tersebut pada Future Bus dengan dukungan sistem City Pilot. Bus ini nantinya bisa berjalan secara otomatis tanpa pengemudi dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. Sebagai pembuktian, Mercedes-Benz melakukan uji jalan di Amsterdam. Ibu kota Belanda tersebut memiliki jalur bus terpanjang di Eropa.


Uji Jalan Bus Mercedes Benz Autonomous

Saat pengujian, Bus Rapid Transit yang dipasang citypilot ini diharuskan menempuh perjalanan sepanjang 20 kilometer dengan kecepatan tertinggi 70 km per jam.
Mengambil rute antara bandara Schiphol Amsterdam dan kota terdekat Haarlem. Demi alasan keamanan, pengujian dilakukan di daerah yang aman dan tidak ada warga yang melintas, termasuk dukungan sistem navigasi yang ketat. Platform CityPilot ini didasarkan pada versi jalan raya, dengan penggunaan teknologi otonom yang sedang dikembangkan truk Daimler, guna memenuhi kebutuhan spesifik bus kota. Sistem GPS, radar dan selusin kamera yang dipasangkan dalam kendaraan, membuat bus dapat mengenali sinyal lalu lintas, pejalan kaki serta hambatan lainnya.

Selain itu, vehicle's intelligent systems yang dipasangkan diklaim berbeda dari yang ada saat ini, dan membuat bus lebih terasa nyaman ditumpangi. Karena memiliki sistem yang terhubung ke jaringan kota, sehingga dapat berkomunikasi secara langsung dengan lampu lalu lintas dan infrastruktur kota lainnya. Sedangkan pengggunaan teknologi aside didasarkan pada bus Mercedes yang populer, yaitu Citaro. Dengan desain bagian interior bertema city park (taman kota), termasuk desain jok dan jendela yang lebih luas, serta rel yang terinspirasi dari pohon. Tujuan utama dari riset autopilot paa bus adalah mengimplementasikan kendaraan tanpa pengemudi di kota-kota seluruh dunia.

Sumber:
- http://otomotif.metrotvnews.com/mobil/8N0q2pMb-mercedes-benz-uji-jalan-bus-autonomous
- http://liputan6.com/otomotif/read/2555863/bus-mercedes-benz-bisa-beroperasi-tanpa-sopir
- http://www.techinsider.io/mercedes-future-bus-city-pilot-photos-features-2016-7

Nah, itulah artikel mengenai bus tanpa pengemudi dari BusNesia. Fitur CityPilot autonomous bus technology ini bukanlah fitur otonom yang pertama kali diaplikasikan pada angkutan umum, karena sebelum Mercedes Benz membuatnya sudah ada yang terlebih dahulu meriset dan mencobanya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email