18 July, 2016

Nostalgia Dengan Bus Buatan Karoseri Superior Coach

Kali ini Busnesia akan mengajak pembaca untuk bernostalgia dengan bus buatan karoseri Superior Coach yang sekarang hanya tinggal kenangan saja. Bus ini adalah milik PO Sumber Alam dari Kutoarjo, Jawa Tengah yang dibeli dari sebuah pabrik tekstil di karesidenan Pekalongan. Busnesia sendiri agak bingung ini bus menggunakan chassis Mercedes Benz LP911 atau Mercedes Benz OF1113 karena overhang depan nampak pendek sekali.


Dan berikut foto logo dari Karoseri Superior Coach yang menempel pada body bus tersebut.


Bus buatan karoseri Superior Coach ini menggunakan mesin legendaris Mercedes Benz type OM 352 yang terkenal tangguh. Hebatnya lagi bus ini sudah dilengkapi dengan power steering. Cukup mengagumkan di era itu.



 Superior Coach adalah pabrik karoseri pembuat bis kota di jakarta pada periode 70-80 an.
Pabriknya berada di sebelah Pamardi Siwi, sekarang gedung BNN, tepat di halte TransJakarta BNN. Sayang karoseri Superior Coach tidak berkelanjutan, setelah Superior Coach bubar peralatannya dibeli oleh Mayasari Utama yang dikenal dengan GMM. Investasi yang ditanamkan GMM di Indonesia sangat besar, dan sudah menerapkan karoseri modern dengan standar mutu eropa dengan meninggalkan system ketok. Saat itu karoseri GMM menjadi kiblat karoseri di Indonesia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email