14 July, 2016

Branding Wonderful Indonesia Pada 20 Bus City Tour Di Paris Saat Euro 2016

Piala Eropa 2016 tak hanya memberi kenangan manis untuk Portugal yang sukses mengalahkan Perancis di partai final. Gema Euro 2016 juga memberi kesuksesan besar buat Wonderful Indonesia! Di ajang sepakbola paling akbar di Benua Biru itu, kepak sayap promosi pariwisata yang diinisiasi Kemenpar RI di Kota Paris, sukses menghipnotis puluhan juta pasang mata dari 21 Juni–18 Juli 2016. Timingnya pas, ketika jutaan pasang mata di Eropa sedang mengarahkan perhatian di ibu kota Prancis itu. Wonderful Indonesia tampil di pusat keramaian Paris, dengan branding di 20 bus city tour yang atap atasnya terbuka.


Tentu saja ini adalah hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, momentum ini sangat penting sebab 2,1 juta orang menonton secara langsung acara pertandingan bola tersebut. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Arief Yahya sedang memanfaatkan even kejuaraan sepakbola Eropa itu untuk memperkuat branding Wonderful Indonesia. Kemenpar memasang logo Wonderful Indonesia dengan gambar atraksi alam dan budaya Indonesia terpampang di 20 bus city tour di Paris sejak 21 Juni sampai 18 Juli.
Beragam gambar pemandangan wisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Pura Ulun Danu Bali, Festival Barong Banyuwangi Jawa Timur, penari Bali, dan Komodo (Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur) menghiasi seluruh baguan bus. Kegiatan ini mengajak kepada warga Perancis dan turis yang sedang berwisata ke Negara itu untuk datang berkunjung ke Indonesia. Selain itu kegiatan promosi ini memiliki tujuan memberikan gambaran tradisi dan budaya Indonesia yang beraneka ragam, penduduk yang ramah, kekayaan fauna dan flora, serta keindahan alam. 

Total ada 20 bus dari perusahaan OpenTour yang dibungkus pemandangan indah khas Indonesia. Ada Candi Borobudur, Pura Ulun Danu, Festival Barong Banyuwangi, penari Bali, dan Komodo. Dan penumpangnya akan dimanjakan dengan layanan wi-fi (Wireless Fidelity) gratis dan sajian video apik seputar wisata Indonesia. Rute bus Paris Grand Tour itu sendiri adalah Grand Magasins, Opera, Palais Royal, Musee de Louvre, Notre Dame, Saint-Michel, Musee d’Orsay, Concorde, Champs Elysees, Georges Vm Charles de Gaulle, Etoile, Trocadero, Tour Eiffel, Invalildes, Concorde, Royale, Madeleine, dan lainnya.

Sukses Wonderful Indonesia Di Paris

Kini, gaung brand Wonderful Indonesia makin nyaring. Bukan saja di kota-kota penyelenggara Travel Mart di dunia, tetapi juga kota mode dunia yang setiap tahun dikunjungi 84,4 juta wisatawan mancanegara itu. Orang-orang berkantung tebal dengan gaya hidup elegan di Paris pun kini mulai mengenal dengan akrab, national brand pariwisata Indonesia. Logo Wonderful Indonesia lengkap dengan gambar atraksi alam dan budaya Indonesia rajin bolak-balik Kota Paris dengan menumpang bus city tour pengangkut wisatawan itu. Saat opening ceremony dan partai puncak di Stade de France, Saint-Denis, logo Wonderful Indonesia ikut hadir di sana. Logo yang mengedepankan sayap burung Garuda sebagai ikonnya itu ikut membaur bersama 80.000 fans yang menyaksikan langsung partai final Perancis vs Portugal. Itu belum termasuk ratusan ribu pasang mata lainnya yang menyaksikan di bar-bar dan café-café yang ada di Paris.


Saat pesta kembang api di Menara Eiffel yang menjadi ikon Paris, Wonderful Indonesia juga ikut menemani. Promosi Wonderful Indonesia seperti mutiara di tengah pasir tumpah, begitu mudah jadi perhatian, karena memantulkan kerlip cahaya dari semua sisi. “Promosi Wonderful Indonesia berlangsung heboh. Dimedia sosial banyak wisatawan dan penduduk Kota Paris yang memuji promosi seperti ini. Heboh dan suksesnya promosi tadi sejatinya tidak mengherankan. Dari dunia maya hingga dunia nyata, Piala Eropa 2016 selalu jadi perbincangan. Di dunia maya, #Euro2016 tercatat selalu menjadi trending topic di twitter, instagram dan Facebook sepanjang Juni 2016. Kata euro2016 disebutkan 177,891 kali di media sosial selama penyisihan grup turnamen. Dibandingkan dengan kata Euro2012 yang disebutkan 41,324 kali selama penyisihan grup pada 2012, ini adalah peningkatan tweet dari 330 persen.

Laporan Sky Sports menyebutkan bahwa Piala Eropa ditonton 6,3 miliar manusia. UEFA, asosiasi sepak bola Eropa, ikut menambahkan bahwa ada 2,1 juta orang menonton langsung Kejuaraan Sepak Bola empat tahunan yang paling bergengsi di Eropa ini. Itu belum termasuk turis dan warga Paris yang menyaksikan dari bar dan kafe. Sekedar gambaran, dalam kondisi normal, rata-rata Kota Paris saja dikunjungi 7 juta turis setiap bulan. Bila ditambah penduduk kotanya yang mencapai 12 juta dan penduduk kawasan sekitarnya, 10 juta, totalnya mencapai 22 juta orang. “Ini promosi yang sangat efektif.

Seperti diketahui, pamor Piala Eropa 2016 itu sangat bergengsi. Pergelaran ajang serupa yakni Copa America Centenario yang digelar hampir bersamaan, kalah gaungnya. Padahal para pemain bintang pun bertebaran di Copa America. Ini karena Eropa sampai saat ini masih menjadi kiblat sepakbola dunia. Dalam istilah reporter sepak bola, meliput Piala Dunia dan Piala Eropa itu mirip dengan ibadah Haji dan Umrah-nya jurnalis. Dalam gelaran akbar itu, ada 8.400 jurnalis yang meliput Piala Eropa 2016.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email