17 March, 2016

Ini Bus PO Mulyo Patas AC Jogja - Purwokerto Sebelum Ada PO Efisiensi

BusNesia - Mengenang bus tempo dulu yang kini sudah tidak ada lagi memang mengasyikan. Apalagi bila banyak kenangan dengan bus tersebut seperti masa kuliah atau pergi bersama pacar dengan bus tersebut. Nah kali ini BusNesia akan membahas bus MULYO Patas AC. PO MULYO ini berhome base di Jl. Yos Sudarso No.188 Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. PO MULYO ini dirintis oleh bapak Ino Mulyono. tergolong PO Tua, tahun 50-an sudah ada PO MULYO.
Mengenang Bus PO MULYO Patas AC

Bus MULYO Patas AC ini menggunakan Body buatan karoseri Tri Sakti Magelang dengan warna silver dan livery 3 macan atau harimau & huruf M besar. Bus ini mempunya headlamp yang unik di jamannya dengan model seperti mata sipit. Bus MULYO Patas AC ini merupakan salah satu bus idola saya ditahun 1998 - 2000-an. Ketika itu tarif Jogja - Purwokerto Patas masih Rp 10.000 rupiah. Waktu tempuh Jogja - Purwokerto dengan bus MULYO Patas AC ini tergolong singkat yang hanya memakan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan.

Foto di bawah ini adalah bus PO Mulyo Patas AC yang diambil oleh rekan Tony S Bretigan.


Baca juga: Ternyata Tahun 1950 Sudah Ada Bus PO Mulyo Asal Gombong

PO MULYO ini bermain di jalur Patas Jogja - Purwokerto bersama-sama dengan PO Raharja merintis jalur PATAS AC untuk jurusan Purwokerto - Jogya PP. Namun PO Mulyo ini tidak bertahan dengan gempuran dari pendatang baru di jalur Patas AC. Sehingga memaksa PO MULYO kembali ke trayek bumel Jogja - Purwokerto. Setelah PO MULYO stop operasi di jalur patas, trayek Jogja - Purwokerto diteruskan PO Teguh Muda (2006-2008), terus PO Sumber Alam (2008-2009), dan PO Efisiensi (2009-sekarang).
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Sayang patas mulyo berakhir. Padahal dulu lumayan bagus busnya.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email