18 February, 2016

Sejarah Bus Tobros Rute Kuningan - Kadipaten Era 1950-an

BusNesia kali ini ingin berbagi mengenai Perusahaan Otobus tempo dulu di sekitar Majalengka, Jawa Barat. Pada era 50an warga Majalengka ketika bepergian dari satu daerah ke daerah lain hanya mengandalkan berjalan kaki atau naik sepeda itu pun bagi mereka yang mampu karena sepeda pada saat itu masih merupakan barang yang tergolong mewah. Sedangkan pada masa itu angkutan umum yang ada seperti kereta kuda, gerobak sapi dan beberapa perusahaan otobus seperti PO. Tobros dan PO Sindangkasih. Memasuki tahun 1960 muncul PO Guntur, begitu penelusuran BusNesia dari beberapa sumber. Salah satu sumber yang berbagi adalah blog http://madjalengkatiheula.blogspot.co.id lengkap dengan fotonya seperti di bawah ini.


Bus PO. Tobros, dari penelusuran arti “Tobros” itu berasal dari bahasa Belanda yang mungkin berarti “dua bersaudara”. Barangkali ada pembaca yang lebih tahu dalam bahasa Belandanya? Perusahaan Bus “Tobros” saat itu memiliki rute Kuningan - Kadipaten dan dimiliki oleh warga Kuningan yang hanya memiliki satu armada bus dan itupun sudah tua dengan warna bus dominan kuning dengan livery garis biru. Kalau melihat fisik bus, sepertinya bus ini menggunakan bus Toyota Bonnet FB80, kalau tidak ya menggunakan Chevrolet.

Menurut beberapa cerita, bus Tobros berangkat dari Kuningan sekitar jam 7-an dan sampai Talaga jam 10-an lanjut sampai Kadipaten sore hari. Bisa dibayangkan waktu jarak tempuh Kuningan - Kadipaten yang begitu lama dengan armada bus saat itu.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email