21 February, 2016

Meningkatkan Efisiensi Operasional Perusahaan Transportasi Dengan Vehicle Telematics

Persaingan dunia transportasi seperti bus semakin kompetitif dan setiap perusahaan pasti melakukan upaya efisiensi di berbagai lini operasionalnya. Bukan demi keuntungan semata, namun lebih untuk keberlangsungan hidup perusahaan dimana banyak kehidupan pekerja dan keluarganya yang ditopang. Salah satu bagian yang disasar adalah efisiensi dalam operasional armada/kendaraan operasional.

Beberapa poin yang masuk dalam prioritas meliputi penggunaan bahan bakar, pemeliharaan mesin, tenaga pengemudi, luas wilayah operasional perusahaan, serta beban yang dibawa kendaraan operasional itu sendiri. Termasuk kondisi eksternal seperti kondisi jalan dan lalu lintas. Tentunya untuk mengontrol poin-poin tersebut diperlukan sistematika yang tepat agar benar-benar terwujud operasional yang efektif dan efisien.


Dengan sistem konvensional atau pengawasan langsung di lapangan lewat sumber daya manusia yang bertugas tentunya tidak bisa mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Di era digital, pemanfaatan teknologi informasi bisa menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi sarana trasnportasi. Vehicle Telematics bisa menjadi solusi terbaik bagi perusahaan yang memiliki banyak armada seperti bus, travel dan logistik. Salah satu layanan teknologi seperti Vehicle Telematics di Indonesia dari Indosat Ooredoo yang viturnya sangat membantu perusahaan dalam mengontrol data operasional armada transportasinya dengan lebih mudah dan praktis sehingga kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien.

Teknologi ini bekerja lebih efisien dengan merekam dan menganalisa pola penggunaan kendaraan yang dikirimkan secara real time melalui jaringan seluler (GPS) ke smartphone berbasis Android atau iOS. Hal ini bisa dijalankan berkat fitur On Board Diagnostic (OBD) yang terintegrasi dengan fungsi lacak (tracking and geofencing). Tak perlu repot mengecek di lapangan karena Vehicle Telematics dapat diakses melalui website maupun smartphone.

Berbagai data operasional armada yang dapat terekam diantaranya pemakaian bahan bakar, baik saat berjalan atau diam. Lalu pola berkendara dari setiap pengemudi dengan rekaman posisi kendaraan dan perencanaan rute perjalanan. Kemudian kejadian penting dalam operasional kendaraan, seperti rem mendadak, banting stir, dan sebagainya. Dengan data-data tersebut dapat dilakukan berbagai analisis untuk meningkatkan performa dan produktivitas, termasuk efisiensi biaya dan pengawasan keselamatan pengemudi beserta penumpangnya maupun aset perusahaan.

Manfaat Vehicle Telematics

1. Bagi perusahaan transportasi, logistik, distribusi, dan pertambangan:

*. Optimalisasi bahan bakar dan rute perjalanan.
*. Meningkatkan produktifitas, performansi, dan efisiensi.
*. Menjaga keamanan pengemudi, kendaraan, dan aset lainnya.
*. Meningkatkan kualitas pelayanan terutama bagi jasa transportasi, misalnya taksi dan bus.

2. Bagi operator kendaraan (pengemudi)

*. Keamanan dan keselamatan terjaga dan termonitor.
*. Mendapatkan feedback cara berkendara yang aman dan direkomendasikan berupa driver scoring.

3. Bagi produsen kendaraan

*. Memberikan informasi jadwal perawatan kendaraan secara tepat.
*. Mendapatkan data penggunaan kendaraan yang lebih detail dalam pemantauan kualitas kendaraan yang berkesinambungan.
*. Memberikan nilai tambah kendaraan dan kepuasan pelanggan.

4. Bagi perusahaan asuransi

*. Mendapatkan data yang akurat dari kondisi kendaraan untuk investigasi klaim atas terjadinya kecelakaan atau bencana yang menimpa pengemudi maupun kendaraan.
*. Memberikan layanan baru seperti usage-based insurance dan insentif untuk premi asuransi.

Informasi lebih lanjut mengenai manfaat & fitur Vechicle Telematics dari Indosat Ooredoo dapat Anda dapatkan di https://indosatooredoo.com/id/business/product/m2m/telematics
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email