13 February, 2016

Bus Kartika Sari, Bus Travel Lintas Jawa Sumatera Asal Kota Purworejo

BusNesia kali ini akan mengulas bus travel lintas Jawa Sumatera asal kota berirama Purworejo. Ya, bus travel tersebut adalah PO Kartika Sari. Kebetulan juga admin berteman dengan Sdr Waluyo Setyo Negoro. Dia adalah salah satu pengurus dari bus Perusahaan Otobus PT Kartika Sari Abadi.

Waluyo SN, adalah orang dibalik pengadaan bus Kartika Sari sekaligus berperan dalam mendirikan perusahaan otobus. Setelah tidak aktif di proyek konstruksi dia disambati oleh kepala desa dia yang dulu merupakan pengurus travel Kartika Sari. Waluyo SN diminta untuk membantu meningkatkan usaha travel Kartika Sari tersebut.


Waluyo SN mengawali cerita awal mula bus travel Kartika Sari. Adalah seorang petani dari dusun Katesnan, Karangsari, Bener, Purworejo yang memiliki kebon kopi di daerah Pogung, Pesisir Barat, Lampung. Mengawali usaha sebagai petani kopi kemudian beranjak ke usaha warung kelontong di Pogung. Kemudian mencoba untuk usaha angkutan truck ekspedisi di tahun 2005 hingga memiliki 5 unit truck. Beliau adalah bapak Solikin atau disekitar Purworejo utara atau di wilayah Lampung Barat orang biasa memanggil pak Gasol yang kemudian memperluas usahanya di tahun 2007 dengan membuka toko kelontong dan toko material di desa Karangsari, Bener.

Ketika bus bus rute dari Jawa ke Lampung Barat mulai limbung pak Gasol pun tertarik mengisi kekosongan jalur tersebut. Sekitaran tahun 2010 terhitung ada beberapa perusahaan otobus yang tidak beroperasi lagi untuk route Lampung Barat, ada Putra Sulung, Ranau Indah, Krui Putra, HS, Ranau Cepat, Bumi Nusantara dan beberapa bus abal abal ketika musim kopi berlangsung.

Dengan tidak beroperasinya bus bus tersebut, pak Gasol menangkap peluang untuk membuka jasa angkutan ke wilayah Lampung Barat dikarenakan mayoritas terutama warga kec. Bener dan bebarapa daerah lain banyak merantau dan berkebun di wilayah Lampung Barat.

Medio 2010 pak Gasol membeli satu unit elf eks City Trans Bandung yang kemudian digunakan untuk angkutan travel atau antar jemput alamat dari jawa ke Lampung Barat dengan mengurus ijin ke dirjen perhubungan darat dengan ijin keluar pariwisata. Menggunakan merk dagang KARTIKA SARI, melanjutkan merk merk usaha yang lain yang sudah berjalan seperti toko kelontong dan material serta truck ekspedisi. Nama Kartika Sari diambil dari nama anak perempuan pak Gasol.


Malang melintang di dunia travel selama 5 tahun hingga tahun 2015. Hingga memiliki armada 5 buah di luar truck dan angkutan material serta kendaraan pribadi. 3 unit Isuzu Elf engkel 4 ban Turbo Intercooler dan 2 unit Mitsubishi Canter engkel 4 ban 110 PS.

Untuk sekarang punya 4 armada bus medium Mitsubishi Canter 2 unit, Isuzu 1 unit, Hyundai 1 unit. Untuk bus besar masih dalam rencana sambil nunggu trayek keluar jika disetujui. Saat ini ngeline masih pakai kps pariwisata dengan route Jogja - Jakarta - Merak - Kalianda - Bandar Lampung - Kota Bumi - Bukit Kemuning - Liwa - Ranau PP.


Bermodal 2 unit bis medium Mitsubishi Canter bekas dari tambang batubara di Kalimantan, saat ini lagi trayek AKAP dari purworejo ke Ranau, Muara Dua via Lampung Barat.


Sehubungan dengan peraturan baru bahwa perusahaan otobus harus berbadan hukum, maka telah didirikan perusahaan dengan nama PT. Kartika Sari Abadi dengan Alamat kantor dan garasi: Jl. Purworejo - Ngasinan Km. 14 Krandon, Karangsari, Bener Purworejo.

Meski terhitung baru, Kartika Sari Travel telah melahirkan puluhan sopir yang sekarang mandiri bawa travel sendiri atau mendirikan usaha travel yang sama sama ke route Lampung Barat. Semua sopir travel dari daerah Purworejo utara yang ke arah Lampung Barat pernah berkarir di travel Kartika Sari. Terhitung ada Bintang Lima trans, WA trans, Jaenal trans, Tembor trans, Yono trans, Turiman trans, Eko trans dll. Mereka semua adalah lulusan Kartika Sari.

Untuk carteran Pariwisata, Ziarah, Kondangan, Layat dll. Bisa hubungi Waluyo SN Hp: 085228278615 pin BB: 7ea6025c

Atau:

Alamat kantor dan garasi bus Kartika Sari:
Jl. Purworejo - Ngasinan Km. 14 Krandon, Karangsari, Bener Purworejo, Jawa Tengah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email