06 January, 2016

Sejarah Dan Dinamika Bus PO Jatayu Transport Yogyakarta

Sesuai tagline blog ini "bus telah menciptakan budayanya sendiri", maka penulis berusaha merangkum dan mengumpulkan bus bus tempo dulu agar bisa di baca oleh adik adik kita dan generasi penerus kita untuk menambah pengetahuan sejarah panjang perjalanan bus serta semakin mencintai dan membudayakan bus sebagai moda transportasi kita sehari hari. Untuk postingan saat ini, penulis akan mengulas sejarah dan dinamika Perusahaan Otobus asal kota Gudeg Yogyakarta yakni PO Jatayu. Menurut Wikipedia Jatayu Transport adalah perusahaan yang menyelenggarakan pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan transportasi wisata. Jatayu transport berdiri sejak tahun 1969. Pada waktu itu Jatayu transport hanya melayani jasa angkutan untuk trayek pendek. Trayek yang pertama dibuka adalah Yogyakarta - Kretek, menyusul Yogyakarta - Srandakan, Yogyakarta - Parangtritis, Yogyakarta - Solo. Trayek jarak jauh dibuka pada tahun 1990 dan melayani trayek Yogyakarta - Denpasar, Yogyakarta - Denpasar - Padangbai - Mataram. Kemudian menyusul Yogyakarta - Jakarta - Merak.


Pada tahun 1995 Jatayu Transport dipecah menjadi beberapa divisi. Pertama divisi pelayanan reguler yang melayani jasa angkutan publik (Jatayu Public Transport) dan divisi pelayanan wisata (Jatayu Utama Tour). Namun seiring dengan perkembangan situasi Jatayu Utama Tour hanya bergerak dalam bidang pelayanan wisata saja, tidak melayani jasa angkutan wisata. Terjadi pemisahan manajemen perusahaan antara Jatayu Public Transport dan Jatayu Utama Tour.

Pada 2002 Jatayu Public Transport mengubah orientasi pasar. Semula Jatayu Public Transport melayani angkutan reguler berubah menjadi Jatayu Trans Wisata yang melayani yang secara khusus melayani angkutan wisata dengan bus-bus besar. Pada tahun 2005 Jatayu Trans Wisata berubah nama menjadi Jatayu Makmur Abadi dan tetap melayani angkutan jasa pariwisata. Pada tahun 2013 Jatayu Makmur Abadi meremajakan armadanya lagi dengan bus baru sehingga diharapkan pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih baik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email