03 January, 2016

Ini Bus Tercepat Di Dunia Dengan Bahan Bakar Kotoran Sapi

Sebuah bus dengan bahan bakar kotoran sapi berhasil memecahkan rekor kecepatan. Bus Hound yang beroperasi sebagai angkutan publik kota Reading di Inggris ini menggunakan bahan bakar dari kotoran sapi. Bus ini memecahkan rekor kecepatan saat diuji di Millbrook Proving Groud Bedford Inggris . Bus ini melaju dengan kecepatan maksimal hingga 76,785 mil / jama atau 123,57 km/jam. Sementara Kepala teknisi perusahaan bus itu John Bickerton menyampaikan bahwa busnya memiliki kekuatan dan kredibilitas meski ditenagai oleh kotoran sapi. "Kami sudah ditetapkan menjadi penantang bagi operator bus lain untuk rekor terbaik kami dan kami harus membuat sedikit sulit bagi mereka. Yang paling penting kami ingin mendapatkan image transportasi bus jauh dari kesan kotor, bau dan lambat. Kami modern, cepat dan inovatif," katanya.


Belum jelas apakah kecepatan Bus Hound (dinamakan dari mobil supersonik Bloodhound) dari Inggris secara resmi memecahkan rekor. Pada tempat lain di bulan Februari 2015 lalu, polisi mengejar bus sekolah di Cedar Rapids, Iowa yang kecepatannya mencapai 161 km per jam, seperti di muat Huffington Post, Kamis (28/5/2015).

Dilaporkan dari Bus and Couch Buyer pula, bahwa pada tahun 60-an, terdapat anekdot dan bukti yang didokumentasikan mengenai kecepatan lebih tinggi yang dicapai oleh bus. Sebagai tambahan, dewan Guiness World Record telah menyatakan bahwa kecepatan Bus Hound tidak bisa disebut rekor dunia kecuali mencapai 241 km per jam.

Namun Bus and Couch Buyer menspesifikasi bahwa catatan itu hanya dimaksudkan untuk merefleksikan kecepatan untuk bus umum. Laporan asli pun hanya dimaksudkan sebagai peristiwa ringan yang bertujuan mempromosikan bahan bakar biomethane.

menurut Bus and Coach Buyer, bus Reading saat ini mengoperasikan total 34 bus dengan bahan bakar kotoran sapi. Limbah dari sapi ini dikonversi menjadi bahan bakar melalui cernaan anaerobic, yang melibatkan mikroorganisme untuk menghancurkan kotoran di lingkungan bebas oksigen. Proses ini menghasilkan biogas, yang bisa diproses untuk menghasilkan biomethane yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Hasil penghancuran kotoran hewan itu kemudian dicairkan dan dijadikan bahan bakar yang disimpan dalam tujuh tangki yang terdapat di atap bus.

Selain Bus Hound, ada pula “bus kotoran” dari Inggris lainnya yaitu Bio-Bus yang beroperasi di Bristol dengan bahan bakar kotoran manusia.

Sumber: Huffington Post
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email