23 January, 2016

Bus Jadul Toyota DA Pabrik Gula Prajekan Bondowoso

Prajekan adalah sebuah kota kecamatan kecil, bagian dari wilayah Bondowoso. satu satunya kegiatan industri yang ada adalah kegiatan perkebunan tebu. Prajekan lebih dikenal sebagai pabrik gula yang telah beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda. Nah di Pabrik Gula Prajekan masih tersisa bus jadul Toyota DA yang di gunakan sebagai bus sekolah karyawan pabrik gula Prajekan. Bus Toyota DA ini admin Bus Dalam Foto dapatkan dari rekan Sang Maestro yang di unggah di media sosial Facebook. Nah inilah foto bus Toyota DA tersebut.




Berhubung masih minim informasi untuk bus Toyota DA ini lebih baik kita belajar sejarah berdirinya pabrik gula Prajekan saja. Toh dari pabrik gula Prajekan ini kita masih bisa menyaksikan bus jadul Toyota DA yang masih terawat baik. Pabrik Gula Pradjekan didirikan pada tahun 1883 oleh perusahaan Belanda "NV Caltuur Mij Pradjekan Tenggarang" yang merupakan investasi dari “JW Bernie Anment & Co” Surabaya. Saat didirikan mempunyai luas areal sekitar 950 Ha kapasitas giling 650 Ton / Hari.

Sejak tahun 1909 sampai dengan tahun 1957 PG. Pradjekan diambil alih oleh “Cultuur Handel en Industrie Bank“ yang berkedudukan di Surabaya. Pada jaman Pendudukan Jepang terpaksa menghentikan produksinya sapai pecahnya perang revolusi.

Pada tanggal 10 Nopember 1957 PG. Pradjekan diambil alih oleh Pemerintah RI sebagai realisasi Nasionalisasi perusahaan – perusahaan Belanda di Indonesia. Pengelolaannya diserahkan pada Pusat Perkebunan Negara Baru (PPN Baru). Dalam rangka pengambil alihan tersebut Pemerintah mengeluarkan UU Nasionalisasi (UU No. 26/1959) pada tahun 1959 dan menetapkan PG. Pradjekan dibawah PPN Unit Jatim Rayon VIII.

Sumber Foto: Sang Maestro
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 Responses to "Bus Jadul Toyota DA Pabrik Gula Prajekan Bondowoso"

  1. Msh ada lagi bus jadul di dalam pabrik gula ..lebih tua lagi merk dogde

    ReplyDelete
  2. Msh ada lagi bus jadul di dalam pabrik gula ..lebih tua lagi merk dogde

    ReplyDelete
  3. wah istimewa mas @twinbee kalau bus dodge tersebut masih beroperasi

    ReplyDelete

Followers

Follow by Email