25 November, 2015

Wah Bedford Bus Cinema Buatan Karoseri Coventry Steel Caravan Ini Di Jual Di E-bay

Sedikit cerita, dahulu kala di Inggris Raya, Kementerian Teknologi Inggris membangun tujuh sinema berjalan yang beroperasi pada akhir 60-an. Dioperasikan oleh PERA, Production Engineering Research Association, mobil ini berkeliling seantero negeri demi mempromosikan kecanggihan teknologi produksi industri di masa itu. Dalam tour tersebut mereka memutar film dengan bantuan trailer yang mereka bawa di belakang.



Sayangnya hal tersebut hanya bertahan sampai di tahun 1974 saat pemerintah menjual semua unit mobil. Semua pun lenyap tanpa rekam jejak yang jelas. Hingga kini hanya satu yang terdeteksi keberadaannya dan sedang berada di e-bay untuk menemukan pemilik baru.

Padahal bila mempertimbangkan faktor sejarah, Bedford sendiri sudah sanggup bercerita banyak. Manufaktur kendaraan asal Inggris ini kerap digunakan sasisnya sebagai alat transportasi yang mumpuni di jamannya. Malahan selama beberapa tahun Bedford memimpin pasar truck dan alat berat di seluruh Eropa. Maka tidak heran bila pemerintah Inggris kala itu mengambilnya untuk dijadikan dasar dari bus cinema berjalannya dengan melibatkan Coventry Steel Caravan sebagai karoseri bodinya.

Yang menarik adalah satu-satunya unit yang dijual di ebay memiliki tingkat orisinalitas yang cukup tinggi. Sang pemilik terakhir cukup jitu menyimpannya di tempat yang terlindung dari matahari dan debu. Semua cat dan bentuk bodi masih orisinil, hanya mesin yang disubtitusi dengan mesin Bedford lainnya karena kelangkaaan barang. Malahan di 2005 hingga 2010 bus sinema ini masih sanggup melakukan touring lagi yang kembali berkeliling di seantero Inggris melakukan tugasnya seperti sedia kala.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email