30 July, 2015

Pengertian Bus Cepat Dan Bus Patas

Hampir semua Perusahaan Otobus selalu mengklaim armada mereka sebagai bus cepat. Dan hampir semua orang pun selalu mendambakan bus cepat dalam bepergian mereka. Saya sendiri saya akui sebagai sebagai pemuja kecepatan, meskipun saya akui kalau kecepatan dan cepat itu beda atau istilahnya "Speed evidence by numbers, while fast proven by the taste" yang artinya kira kira kecepatan dibuktikan oleh angka-angka, sementara cepat terbukti dengan rasa. 


Dan ini beberapa contoh tiket bus yang menyertakan kata "CEPAT" dalam tiket mereka




Sementara foto di bawah ini merupakan daftar harga tiket yang juga menyertakan kata CEPAT dari PO Raya.


Lalu apa definisi Cepat dan Patas ? 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Bus Patas adalah bus umum yg melayani angkutan penumpang secara cepat (waktunya) dan terbatas (sesuai dng jumlah tempat duduk).
  • Bus biasa yang beroperasi dengan perhentian terbatas di jalan khusus bis atau lalu lintas campuran di jalan bebas hambatan atau arteri. (teks book) (glosarium)
    (sumber: Glosarium dephub.go.id)
     


    Apakah bus cepat identik dengan bus yang selalu balap? Jelas bukan. Menurut saya pribadi, arti cepat di sini adalah cepat dalam total waktu tempuh. Bus ttidak mengalami keterlambatan akibat terlalu banyak ngetem. Kalau bus itu sering balap di jalan malah sudah keluar dari definisi bus cepat seperti yang di maksud di sini. Dan ingat, bus yang sering balap belum tentu lebih cepat sampai tujuan hehe...

    Cepat itu konsisten dalam menempuh total waktu perjalanan dengan kecepatan moderat sehingga lebih cepat sampai. Sedangkan kencang cenderung sporadis, kadang memaksimalkan kekuatan cenderung ngawur kadang pelan lagi di saat situasi jalan sebenernya bisa buat lebih cepat dan total waktu tempuh totalnya kadang lebih panjang. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email