12 May, 2015

Bus Tingkat Semarjawi Semarang

Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah memiliki bus tingkat yang diberi nama Semarjawi yang bisa digunakan wisatawan untuk mengeksplor lebih jauh kawasan yang terletak tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Semarjawi merupakan kepanjangan dari Semarang Jalan-Jalan Wisata. Bus ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkomsel. Bus ini pun tidak dipungut biaya untuk menaikinya. Bus yang memiliki tinggi 3,5 meter dan lebar 2,1 meter ini memiliki kapasitas 12 orang duduk dan 20 orang berdiri pada bagian bawah serta 24 orang duduk pada bagian atas. Rute yang dilewatinya mulai  dari Kota Lama – Lawang Sewu – Masjid Agung Jawa Tengah  Gedung Batu – Pandanaran – Simpang Lima – Sam Poo Kong dan tempat wisata lainnya di Semarang. Bus Semarjawi dapat dijumpai di kawasan kota lama, penumpang dapat naik dari taman Srigunting sebelah Gereja Blenduk Kota Lama Semarang. 





 Saat mencoba bus ini, bis ini jalan mulai dari Taman sri gunting - Taman rindang di samping Gereja Blenduk – Gereja yang sangat iconic di semarang karena bangunan tempo dulu nya. Dari sini bis Semarjawi mulai berjalan ke arah jalan bojong atau dengan nama baru nya jl.Pemuda , di kanan-kiri jalan Pemuda kita bisa melihat banyak peninggalan kejayaan penjajah belanda mulai dari jembatan mblerok hingga Lawangsewu. Setelah muterin Tugu Pemuda bis ini lewat stasiun Tawang , gedung Marabunta dan Gereja Katolik peninggalan salah satu pahlawan Soegijopranoto dan setelah keliling kurang lebih satu jam bis kami pun kembali lagi ke Taman Srigunting. 








Perjalanan berkeliling menggunakan bus nomor polisi H 467 A tersebut, disertai oleh seorang pemandu wisata yang mampu menjelaskan dengan jelas sejarah kota lama berikut gedung-gedung yang ada di kawasan itu. Pemandu wisata disediakan oleh pengelola bus Semarjawi dari Education for Restoration, Transformation, Intervention, Modification (Ertim).
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email