31 January, 2015

Inilah Awal Mula Bus Buatan Karoseri Adiputro

Ada satu fenomena yang cuku menarik di dunia perbisan saat ini. Bus-bus dengan karoseri adiputro sangat mendominasi, banyak sekali operator-operator bus yang mempercayakan rancang bangun body di karoseri berlogo ksatria berkuda ini. Bahkan operator yang semula identik dengan suatu karoseri, kini beralih ke karoseri asal kota Malang ini. Padahal model keluaran adiputro ini cenderung tetap dan konvensional. Bandingkan dengan pesaingnya dari karoseri besar yang lain, mereka merilis model2 baru yang memang benar2 baru dan cenderung revolusioner sebut saja Laksana dengan Legacy dan SR-1 nya, NA dengan Evobus nya atau Tentrem dengan Scorking nya. sangat berbeda dengan model terbaru dari AP Jetbus yang notabene hanya Facelift dan bokonglift saja alias cuma ganti lampu thok.Tapi kenyataannya siapa yang paling laku di pasaran?? Saya yakin semua bismania sepakat jawabannya adalah yang terakhir disebut.

Kalau tidak salah sekiar tahun 1994 ya 1995, karena ada tulisannya "menyambut tahun emas Republik Indonesia" 17-8-1995. ini pertama kalinya diperkenalkannya patent "Royal Coach" yg menjadi ciri khas adi putro hingga sekarang

Mengapa demikian??
Menurut pendapat saya selera konsumen sekarang sudh berubah. Saat ini konsumen menginginkan bus yang nyaman, luxury dan berkelas. Maka operator berusaha untuk membuat bus-bus mereka menjadi Bus "Luxury" sebuah bus yang mewah dan nyaman inteior pun eksterior. Nah, bicara soal Luxury Bus Image yang ada di masyarakat saat ini Bus-Bus buatan adiputro adalah bus kelas atas yang lux, mewah dan sudah pasti nyaman. Lihat saja sangat jarang kita jumpai bus Adiputro dipakai untuk bus kelas Ekonomi apalagi Bus Bumel. Jadi kuncinya adalah Brang Image Adiputro sebagai karoseri bus kelas atas (High End) yang menjadikan karoseri ini selalu terdepan dalam penjualan.

Foto:
Rendy Bhaskara Kuningan
Nah bagaimana desain awal dari karoseri Adiputro ini? Untuk bus desain awal dari Karoseri Adiputro seperti tampak dalam gambar. Nah seperti itulah Royal Coach buatan Karoseri Adi Putro edisi awal dimana Karoseri Adi Putro mulai meniti karier di karoserie Big Bus.

Foto:
Rendy Bhaskara Kuningan
Foto: Ranger Grand
Foto: Ranger Grand

Untuk body ini setau saya bernama Batch. Untuk foto Po Batam 168 Group Nusa Jaya Indofast itu generasi pertama. Sedangkan untuk foto bus PO Seribu Bintang Transport (1992) AA1568DD itu sudah ada sedikit ubahan di nat body.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email