24 September, 2014

Perawatan Dan Perbaikan Mesin Bus Mercedes Benz OM366 PO Prayogo 95CE


Bus PO Prayogo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa Bus Malam, Bus Bumel dan Pariwisata kemudian ada juga divisi perawatan dan  perbaikan mesin diesel dari berbagai merek kendaraan yang dimiliki. Pada postingan kali ini penulis akan melaporkan kegiatan khusus pada perawatan dan perbaikan yang meliputi beberapa hal yang dilakukan di Bengkel Bus PO. Prayogo. Penulis akan mengambil sampel salah satu jenis kendaraan yang akan di Over Haul yaitu bus bermesin Mercedes Benz Seri 366A milik PO Prayogo 95CE yang dikemudikan oleh om Dhidhi Wahyu P.

Blok Silinder mengalami keretakan




            
  Over haul Mesin
Over houl yaitu perbaikan mesin kendaraan agar kondisi mesin kembali seperti semula dengan menganti komponen mesin yang sudah aus. Over haul mesin dilakukan ketika kendaraan sudah mengalami keausan yang disebabkan oleh gesekan antar logam – logam komponen mesin. Meskipun sudah ada minyak pelumas namun keausan tetap terjadi, untuk mengurangi keausan biasanya dapat dilakukan dengan penggantian oli secara rutin, karena oli yang sudah tidak memiliki kekentalan yang standar tidak dapat melindungi komponen mesin yang saling bergesekan. Namun penggantian oli secara rutin juga tidak dapat mencegah keausan terjadi akan tetapi pengantian oli secara rutin dapat menambah umur pemakaian mesin kendaraan agar tidak cepat mengalami keausan pada komponen mesin yang saling bergesekan. Pada komponen mesin keausannya dapat menimbulkan setingan mesin berubah dan menyebabkan kendaraan bekerja tidak normal. Apabila keausan pada komponen mesin masih dalam batas toleransi.

Apabila komponen pada kendaraan sudah mengalami keausan melebihi batas toleransi, maka perlu menganti komponen yang sudah aus, akan tetapi biasanya pemilik kendaraan yang melakukan over houl akan menganti komponen mesin walaupun komponen itu belum melebihi batas toleransi keausan ini akan menghemat biaya perbaikan bengkel, karena pemilik kendaraan tidak akan membongkar mesin berulang kali. 

 

      -  Analisa kerusakan
Analisa kendaraan yang sering dikeluhkan oleh sopir adalah sebagai berikut :
1.      Solar menjadi boros
2.      Tenaga kurang atau mesin cepet panas
3.      Oli boros atau oli nambah
4.      Mesin panas
5.      Umur mesin sudah tua
 Jadi tenaga yang dihasilkan pada mesin tersebut akan menjadi berkurang atau menurun sehingga mesin tersebut harus mengalami perbaikkan supaya kondisi mesin dapat bekarja dengan normal atau seperti semula. 



















Kemudian setelah melakukan analisis kerusakan pada kendaraan tersebut maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh mekanik adalah mengecek semua komponen yang berkaitan dengan kerusakan tersebut antara lain :
1.      Mengecek dinding silinder
2.      Mengecek piston dan ring
3.      Perpak silinder
4.      Mengecek mental jalan dan mental duduk
5.      Mengecek pengabutan nozel yang mungkin kurang bagus

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email