03 July, 2014

Penjelasan Mengenai PO Timbul Jaya Dan PO Rosalia Indah Dari Pelaku Sejarah



Keterangan ini penulis peroleh dari Pakdhe TONO AGUS yang merupakan pelaku langsung sejarah bus ini dan berikut cerita beliau: 
Saya sebagai pelaku sejarah bisa saya terangkan sbb:
tahun 1979 bapak Suroso (sekarang sebagai owner Rosalia Indah) mendirikan agen tiket PO Timbul Jaya di Palur dan seiring dengan kemajuan beliau menjadi agen, akhirnya bapak Suroso ditunjuk sebagai kepala cabang unit 2 Palur oleh bp H Atmo Wiranto (owner PO Timbul Jaya) Wonogiri untuk area operasional wilayah jawa timur. 


Adapun jurusan yg bapak Suroso kelola adalah Solo-Surabaya 4 unit, Solo- Kediri 2 unit dan untuk jurusan dari  Jatim-jakarta-Lampung-Palembang-Jambi dengan unit armada non AC. Untuk memperkuat pemasaran tahun 1982 bapak Suroso mendirikan travel dengan nama Rosalia Indah dengan armada Colt T120 untuk men shutle penumpang dari pelosok jawa timur.dengan sistym operasional jemput bola.

Di era 80an PO Timbul Jaya bisa dikatakan jagonya jawa sumatra,dan menjelang tahun 1984 bapak Suroso mendirikan travel jurusan Yogya-Solo-Kediri-Blitar-Malang-Surabaya dengan armada Colt L300 dan Isuzu Elf dan disaat itu beliau masih sebagai kepala cabang Timbul Jaya unit 2 palur. Seiring kemajuan usaha travelnya akhirnya bapak Suroso tahun 1989 membeli 4 unit bus Hino AK174LA Silver Wing non AC untuk  membuka jalur Solo-Blitar dan masih  memegang jabatan kepala cabang Timbul Jaya Unit 2 palur. 

Dan tahun 1991 akhirnya bapak Suroso resmi mengundurkan diri dari Timbul Jaya dan mulai membuka usaha sendiri dan juga membuka trayek Solo-Jakarta sampai sekarang.
Demikian penjelasan saya tentang  Timbul Jaya dan Rosalia Indah semoga bermanfaat dan kalau ada kekurangan dari penjelasan saya bisa dikoreksi.

Sumber: Pakdhe Tono Agus
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 Response to "Penjelasan Mengenai PO Timbul Jaya Dan PO Rosalia Indah Dari Pelaku Sejarah"

  1. Mohon maaf sekedar usul, Seharusnya judul artikel "usaha suroso"

    ReplyDelete

Followers

Follow by Email