20 July, 2017

Truck Bermuatan 50 Ton Untuk Uji Beban FlyOver Sepanjang 9,3 KM Rute Ciledug-Tendean di Koridor 13 Transjakarta

Busnesia - Koridor 13 Transjakarta merupakan rute Ciledug-Tendean yang baru saja uji beban statis dan dinamis. Uji beban tersebut dilaksanakan di jalan layang tepatnya di atas rel kereta api Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Uji beban statis dan dinamis di koridor 13 ini tidak jauh berbeda metodenya dengan yang sebelumnya dilakukan di simpang Semanggi. Metode yang digunakan uji statis menggunakan truk yang berjajar dengan bermuatan dan juga uji beban dinamik menggunakan truk yang bebannya lebih berat. Kemudian truk dinaikkan ke papan. Nanti getaran papan di hitung dengan sensor yang sudah dipasang semua. Pemilihan titik uji beban ini berada di dua tempat, yakni di atas rel kereta api kebayoran lama dan satu lagi di atas Tol JORR.


Pengujian uji beban dinamis digunakan untuk mengetahi respons jembatan terhadap guncangan. Uji beban dinamis dengan truk yang bermuatan 50 ton. Sedangkan pengujian statis dengan menggunakan 10 truk yang bermuatan kira-kira 26 ton dijejerkan secara bersamaan dan ini dilakukan untuk mengetahui respons jembatan terhadap berat maksimum. Uji beban yang pertama kali dilakukan adalah uji beban dinamis. Dalam uji beban ini, petugas memasang sensor khusus yang berfungsi untuk menghitung getaran yang dihasilkan dari hentakan truk. Dalam uji beban ini sebuah papan pengungkit pun disiapkan. Setelah bagian depan truk sudah berada di sisi tertinggi pengungkit, truk akan digerakkan mundur sehingga timbul hentakan.


Untuk diketahui jembatan layang yang merupakan koridor 13 Transjakarta ini memiliki panjang sekitar 9,3 kilometer merupakan rute dari Ciledug-Tendean. Rute yang memiliki panjang 9,3 kilometer ini diklaim mampu mengurangi kemacetan di kawasan yang dikenal sebagai daerah dengan lalu lintas yang cukup padat itu. Apalagi jalan layang sepanjang 9,3 kilometer ini memang hanya bakal dilalui armada bus Transjakarta saja. Maka dapat dipastikan bahwa busway koridor XIII akan benar-benar bebas hambatan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Penulisan yang bermanfaat bro.. thanks - http://essenaquatic.xyz/umpan-ikan-patin-kilo-gebrus/

Terima Kasih

Followers

Follow by Email