04 October, 2016

Kemiripan Body Setra Lawas Antar Karoseri Bus Di Indonesia

BusNesia - Kali ini BusNesia akan mengulas bus berbody Setra lawas yang pernah dibikin hampir seluruh karoseri yang ada di Indonesia. Uniknya body Setra buatan karoseri Rahayu Santosa, Morodadi Prima, New Armada, dan Laksana ini punya kemiripan bentuk dan model. Namun sebelum membahas lebih lanjut mari kita mengenal apa itu Setra. KASSBOHRER SETRA adalah karoseri asal negara Jerman yang sudah sangat terkenal di dunia bus Internasional, karena Setra merupakan satu grup dengan Daimler Mercedes Benz yang merupakan produsen bus legendaris Travego dimana penggabungan keduanya di sebut Evobus GmbH. Bus dengan body model Setra 300 dulu sempat ramai di Indonesia dan hampir semua karoseri seperti Rahayu Santoso, Trisakti, Laksana, New Armada ramai-ramai membikin mbodel Setra ini. Berikut contoh asli bus berbody Setra 300.

Setra 300

1. Setra Rahayu Santosa

Di awal 90-an hingga pertengahan 90-an cukup banyak bus berbody Setra dari karoseri Rahayu Santosa beredar. Salah satunya adalah PO Hafana di bawah ini.


Selain PO Havana juga ada bus Pariwisata Sargede asal kota Yogyakarata yang menggunakan body Setra dari Karoseri Rahayu Santosa.

Setra Rahayu Santosa, Foto: haltebus.com
Setra Rahayu Santosa, Foto: haltebus.com
Sebebernya masih ada banyak bus yang menggunakan Setra dari Karoseri Rahayu Santosa namun BusNesia sendiri kesulitan kalau untuk mengunggah semua contoh gambarnya.

2. Setra Morodadi Prima

Saat itu sekitar tahun 1995 PO Safari Dharma Raya (OBL) sempat menggunakan body Setra dari karoseri Morodadi Prima dari Malang. Body Setra Morodadi Prima oleh PO Safari Dharma Raya saat itu dipasang pada chassis Mercedes Benz OH 1518.

Setra Morodadi, Foto: PO Safari Dharma Raya
3. Setra New Armada

Karoseri New Armada juga sempat mengeluarkan body Setra dan saat itu salah satu PO yang menggunakannya adalah PO Gunung Mulia serta PO Tunggal Daya. Setra New Armada agak berbeda dengan Setra RS dan Setra MP diatas. Setra New Armada punya ciri khas pilar kaca 1/4 lingkaran dan agak lebar. Setra New Armada sebenernya punya nama sendiri yakni Evolutian.


Setra New Armada, Foto: Andri Nanung
Setra New Armada, Foto: Fauzi Akbariyanto

3. Setra Laksana

Karoseri Laksana juga memiliki body Setra dan salah satu PO yang menggunakan adalah PO Sumber Alam dan PO Gunung Mulia. setra Laksana ada juga yang menyebutnya dengan model Panorama. Bentuk dari Setra Laksana agak mirip dengan Setra New Armada. Yang membedakan adalah Setra Laksana kaca belakang datar dan Setra New Armada kaca belakang melengkung naik keatas. 


Setra Laksana, Foto: Andri Nanung
Setra Laksana

Namun, karoseri Laksana juga mengeluarkan model Setra yang mirip dengan Setra Rahayu Santosa dan salah satunya di pakai oleh PO Sumber Alam. 



Nah itulah beberapa bus berbody Setra buatan beberapa karoseri bus yang ada di Indonesia.
Kini Setra di negara asalnya telah mengeluarkan model barunya untuk seri TopClass nya pada musim gugur 2013 lalu. Pada kesempatan yang lalu Setra telah lebih dulu mengeluarkan model terbaru untuk seri ComfortClass dan sekarang Setra TopClass di poles menjadi lebih segar, inovatif, efisien dan mungkin akan menjadi trend di Eropa dan di negara lain.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email