20 September, 2016

Mengenal Karoseri Bus MBM - Magelang Body Manufacturing

BusNesia kali ini akan membahas karoseri bus Magelang Body Manufacturing atau lebih dikenal MBM dan masih satu group dengan karoseri ABC. Namun ada juga yang menyebut karoseri MBM merupakan pembaruan karoseri ABC Magelang. Sebuah karoseri bus asal kota tidar Magelang. Karoseri MBM mengalami masa kejayaan pada era akhir 80an saat trend body kapsul. PO Mulyo Indah salah satu PO yang banyak pakai MBM masa itu. Selain Mulyo Indah, dulu pernah ada OBL, Tunggal Daya dan Ismo pakai MBM model kapsul. Dan berikut BusNesia kasih contoh body bus buatan karoseri MBM dokumen dari mas Yuldhas yang BusNesia ambil dari situs Bismania.com. Tampak pada foto, 5 unit pasukan MI karoseri MBM, model kapsul yang dibuat merupakan rancangan pemilik sendiri (berdasarkan wawancara mas Yuldhas bulan Juni 2012) dan bekerja sama dengan karoseri MBM. Dalam proses pembuatan body, memang awalnya sulit sampai beberapa kali mengalami kesalahan. Namun akhirnya bisa dibentuk menjadi body kapsul ciri khas lampu besar.


Bus SAN Karoseri MBM

Diera 2000-an Magelang Body Manufacturing (MBM) bangkit kembali setelah era kejayaannya di jaman keemasan Mercedes-Benz Prima di era 80-an. Di era 2000-an terlihat bus SAN (Siliwangi Antar Nusa) sempat ada yang menggunakan karoseri MBM untuk bus Yuchai miliknya. Bus SAN body MBM tersebut sekarang jadi JETSAN (pakai bodi Jetbus) dan berikut foto bus SAN karoseri MBM dokumentasi dari sdr FEPRIADI IRAWAN.


Selain PO SAN, ada juga bus pariwisata Rahayu Persada yang ada yang menggunakan karoseri MBM. Saat itu bus pariwisata Rahayu Persada pakai pintu tengah. Bus Bimo Transport juga ada yang menggunakan karoseri MBM. Kemudian Trans Jogja yang mitsubishi dengann body asli karoseri Delima Mandiri juga ada yang direnovasi di karoseri MBM. Saat itu Trans Jogja merenovasi AC, pintu yang rusak, plafon dan handel pintu depan. Nah itulah sedikit pembahasan mengenai karoseri MBM Magelang dari BusNesia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

MI zaman dulu, inget alm bapak sering naik bis ini ke Klaten.

Sayang sekarang pamornya agak menurun ya mas Joko

Terima Kasih

Followers

Follow by Email