26 September, 2016

Bus OBL Dalam Catatan Sejarah

BusNesia - Dalam artikel kali ini BusNesia akan membahas sejarah bus tempo dulu yang masih eksis hingga kini yakni OBL. Bus OBL (Oei Bie Lay) atau Safari Dharma Raya adalah perusahaan otobus asal Temanggung yang tergolong tua di indonesia dan hingga kini masih menancapkan eksistensinya di dunia transportasi. OBL berdiri di tahun 1968 di kota Temanggung yang terletak di kaki gunung Sindoro, Jawa Tengah. Nama OBL sendiri adalah nama yang diambil dari akronim sang pemilik yaitu Oei Bie Lay (Darmoyuwono). Pada awalnya bus OBL buka jalur Magelang-Ngadirejo dan pada tahun 1971 mulai meluaskan kepakan sayapnya. Pada tahun 1974 bus OBL mulai buka rute Jakarta.


Sejak tahun 1980an bus  OBL menghapus armada siang menjadi perjalanan malam untuk rute Jakarta. Memasuki akhir tahun 1989 OBL buka trayek baru Jakarta-Denpasar dan Temanggung-Denpasar PP.

Chevrolet Viking

Catatan Sejarah Bus OBL

Beberapa armada yang pernah di pakai oleh OBL pada masa lalu antara lain:

Chevrolet Viking di era 1960-an
Mercedes-Benz LP 911
Metsec Ford r192
Mercedes-Benz of 3113 era 1980an


Untuk saat ini OBL terbagi menjadi 2 nama yakni  Safari Dharma Jaya untuk armada ekonomi dan Safari Dharma Raya untuk armada kelas eksekutifnya dengan badan hukum SAFARI DHARMA SAKTI. Hingga saat ini OBL masih mempunyai rute sampai NTB. OBL juga di percaya dari pihak maskapai GARUDA INDONESIA sebagai penyedia armada transit dari pesawat ke terminal-terminal di bandara.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email