15 August, 2016

Kilas Balik Mengenang Bus Jaya Bakti Super

Kilas balik mengingat sejarah bus PO Jaya Bakti Super tahun 90-an. PO Jaya Bakti Super merupakan salah satu PO asli semarang dan pelopor trayek babat alas Blora - Purwodadi - Jakarta. PO Jaya Bakti Super juga ikut bermain dalam rute Pati-Kudus-Jakarta pada eranya. Dahulu bus ini ada juga yang parkirnya di taman Viaduk Prumpung Jatinegara sekitar tahun 1994-1996.


PO Jaya Bakti Super kuga salah satu pemain Bogor dan penulis masih ingat dulu medio 1994 poolnya berdampingan dengan PO Sumber Alam. Seingat penulis terakhir terliat tahun 2002 pakai body MBM Mercy OF.

Kecelakaan Maut Awal Keterpurukan Bus Jaya Bakti Super

Sayang, tragedi kecelakaan adu kambing dengan dump truck di Tol Cakung tahun 1995 yang menewaskan 29 penumpang termasuk pengemudi menjadi awal keterpurukan PO Jaya Bakti Super. Sebenernya tahun 1994-1995 sempat menggeliat dengan pembelian armada baru dan peremajaan body armada lawasnya. Namun musibah tersebut membuat perusahaan oleng. Belum siuman dari keterpurukan diterpa krisis ekonomi tahun 1997-1998 dan awal 1999 adalah titik nadir PO Jaya Bakti Super. Tahun 1999 PO ini banyak ditinggal pengemudi yang hijrah ke PO Karya jaya, SSM, Selamet, Lorena dan beberapa menjadi pionir babat alas bersama PO Haryanto era 2000. Kabar terakhir bus Jaya Bakti Super bermetamorfosa menjadi BAYU MEGAH.

Bus Bayu Megah merupakan perusahaan otobus dengan rute Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Bus yang dulunya bernama Jaya Bakti Super kini merupakan bagian dari grup Perusahaan Hiba Utama setelah diakuisisi oleh Hiba Grup dan melayani berbagai tujuan dari Jakarta, Tangerang, Merak, dan Bogor dengan tujuan Semarang, Purwodadi, Wirosari, Ngawen, dan Sragen.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Saya penah d ajak mogok di alas roban. Serem takut di terkam macan. Hahaha

Saya penah d ajak mogok di alas roban. Serem takut di terkam macan. Hahaha

Terima Kasih

Followers

Follow by Email