24 August, 2016

Bus Lorena 001, Bus Pertama PO Lorena Yang Masih Terjaga Keasliannya

Malam ini BusNesia mengajak pembaca mengenang bus tempo dulu dan tema pembahasan kita adalah PO Lorena. Salah satu bus pertama PO Lorena adalah bus bernomor body 001 yang menggunakan chassis Mercedes-Benz LP-911 buatan tahun 1973. Bus ini merupakan saksi sejarah berdirinya PO Lorena yang didirikan G.T. Surbakti dengan rute Jakarta - Surabaya. LORENA sendiri adalah nama anak pertama dari pemiliknya GT Soerbakti. Beliau memulai usahanya pada tahun 1973 hanya dengan modal Rp 15 juta rupiah. Pada era itu, belum banyak yang bisa beli mobil pribadi. Dan bus adalah pilihan paling rasional untuk transportasi.


Sebagai saksi sejarah, bus ini diabadikan hingga kini dan disimpan di garasi PO Lorena Tajur, Bogor, Jawa Barat. Meskipun bus ini sudah berusia 43 tahun, penampilannya masih bugar. Kondisinya sehat dengan semua terlihat orisinal.


Bus pertama PO Lorena ini menggunakan body dari Karoseri Rahayu Santosa. Bus ini menggunakan warna putih dengan livery hijau dan orange khas bus Lorena. Bus pertama PO Lorena ini menggunakan konfigurasi seat 2-2 berkapasitas 40 penumpang. Bus eksekutif ini memiliki 7 baris kursi pada bagian kanan dan sebelah kiri ada 6 baris kursi. Untuk akses keluar masuknya penumpang, pintu diletakan dibagian tengah.


Hebatnya lagi, bus pertama PO Lorena ini pelat nomornya masih berlaku hingga 2018. Mari kita jaga ingatan jangan sampai lupakan bus. Bus adalah bagian dari sejarah transportasi dan bus telah menciptakan budayanya sendiri.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email