14 December, 2015

Sejarah Bus PICCOLO dan SALAM Salatiga Dalam Catatan EDDY VAN DE WALL

Dalam buku Salatiga Sketsa Kota Lama karya Bapak Eddy Supangkat mencatat beberapa perusahaan otobus tempo dulu di Salatiga antara lain bus ESTO, ADAM, PICCOLO. Yang menarik, Eddy van de Wal dalam Kota Salatiga Tempo Doeloe mencatat pernah ada bus SALAM (Salatigasche Autobus Maatschappij). Kecuali PO ESTO, perusahaan-perusahaan otobus tersebut memang sudah tidak ada lagi sejak jaman pendudukan Jepang sehingga jarang diketahui oleh masyarakat sekarang. Dalam artikel kali ini saya akan fokus pada bus PICCOLO dan bus SALAM.

imagebam.com

Bus PICCOLO
Sejak 1935 ada perusahaan bus lain yang aktif yang bernama PICCOLO. Bus ini mencoba untuk bersaing dengan bus ADAM dengan layanan rute yang sama dengan bus ADAM. Bus PICCOLO menggunakan jenis bus kecil berkapasitas 20 penumpang. Namun nampaknya bus PICCOLO tidak mampu bertahan dalam persaingan akibat sering terlibat dalam kecelakaan.

Bus SALAM (Salatigasche Autobus Maatschappij)
Pada tahun 1935 juga mulai berdiri sebuah perusahaan otobus SALAM. Bus ini melayani rute Salatiga-Tingkir-Suruh. Keberadaan bus ini sangat membantu masyarakat daerah Tingkir dan Suruh terutama petani kecil yang akan membawa hasil pertaniannya untuk dijual ke pasar Salatiga. Namun pada masa pendudukan Jepang bus ini juga berhenti beroperasi.

Sumber: EDDY VAN DE WALL
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email