10 December, 2015

Di Solo Bus Pariwisata Di Sulap Menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kampung Tegalmulyo, RT 3, RW 4, Nusukan Banjarsari, Solo, menjadikan bus pariwisata sebagai tempat mencoblos pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Rabu (9/12).

1 unit bus pariwisata tersebut terdapat papan bertuliskan 'TPS 7 Nyoblos di Atas Bus'. Di dalam bus itu terdapat 2 bilik suara untuk mencoblos. Sehingga para pemilih wajib naik ke atas bus untuk melakukan pencoblosan. Sebelum mencoblos, warga akan dipanggil dengan pukulan gong sebagai tanda dipersilahkan naik ke atas bus untuk mencoblos.

imagebam.com

Ide unik pencoblosan di TPS tersebut pun mengundang sejumlah warga yang kebetulan melihat keberadaan TPS bus. Mereka pun penasaran dengan cara unik warga Tegalmulyo dalam menarik minat warga untuk mencoblos.

Ketua KPPS 1 TPS 7 Tegalmulyo RT 3 RW 4 Nusukan, Banjarsari, Suyatno mengakui pihaknya memang sengaja membuat TPS yang unik dengan menyulap bus menjadi TPS. Hal ini bertujuan untuk menarik minat warga mendatangi TPS dalam Pilkada Solo 2015 ini.

"Jika warga penasaran dengan TPS bus ini maka akan menimbulkan keingintahuan warga untuk datang ke TPS. Selain untuk melihat juga sekalian untuk ikut mencoblos," kata dia di TPS 7 Tegalmulyo, Rabu (9/12/2015). Untuk membuat TPS bus, dikatakan dia, tidak membutuhkan waktu yang lama. Warga hanya melepas sejumlah kursi bus untuk meletakkan bilik suara.

"Selasa sore bus datang sekitar jam 15.00 WIB. Terus sorenya itu langsung dikerjakan" ucap Suyatno. Bus tersebut, lanjut Suyatno, bukan milik warga. Pihaknya sengaja menyewa bus tersebut untuk dijadikan TPS. "Biaya sewa bus Rp 300 ribu. Kami juga tidak nombok karena biaya untuk pembuatan TPS dari KPU masih cukup," ungkap Suyatno.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email