02 October, 2015

Body Bus Batch Buatan Karoseri Adiputro

Dulu BusNesia pernah menulis artikel Awal Mula Bus Buatan Karoseri Adiputro. Nah sekarang di tulis lagi sekedar mengingatkan kita semua pada body bus buatan Adiputro awal yakni Batch. Namun sebelumnya kita akan sedikit membahas sejarah Karoseri Adiputro. Karoseri Adiputro dirintis oleh kakak beradik pada tahun 1973 di Malang Jawa timur. 

Foto:
Rendy Bhaskara Kuningan
Pada tahun 1982 Adi Putro mulai investasi dengan membeli mesin press body. Demi memperbaiki kualitas produknya 4 tahun kemudian Adi Putro mulai menggunakan sistem cat OVEN. Pada tahun 1989 Adi Putro melakukan ekspansi dengan mendirikan kantor pemasaran di Jakarta dan sebuah pabrik perakitan di Bekasi.
 

Pada 1994 Adi Putro mulai melakukan kerja sama dengan produsen bis asal Jerman ( Mercedes Benz ), melalui kerjasama ini para tenaga ahli Adi Putro di kirim ke Jerman untuk mempelajari standar perakitan yang bertaraf internasional. Dengan kerjasama ini membuka peluang Adi Putro untuk menggapai pasar asia tenggara. Tahun 1995 Adi Putro mulai memproduksi perakitan bus..
 

Pada waktu itu pesaing terkuat Adi Putro yakni karoseri Morodadi Prima.... Pada awalnya pabrik Adi Putro hanya memiliki kapasitas hanya untuk merakit satu bus saja. Dan PO pertama yang menjadi pelanggan Adi putro adalah PO. Safari Dharma Raya .
Body yang di bikin pertama kali oleh Adi Putro untuk SDR adalah Dream Liner... Body kedua yang di buat adalah Tourismo dan selanjutnya Batch ini. 



Bus-bus Adiputro batch I sebenarnya cukup banyak beredar saat itu. Salah satu PO yang punya koleksinya (bahkan jumlahnya sampai beberapa biji) adalah PO Serba Mulya dan PO Nusantara. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email