19 February, 2015

Seperti Inilah Bus Presiden Barack Obama

Sebagai presiden Amerika Serikat, Barack Obama tentu membutuhkan kendaraan-kendaraan istimewa yang menunjang mobilitasnya. Setelah limosin the Beast dan pesawat Air Force One, yang membawanya lintas benua, Obama pun menggunakan bus resmi kenegaraannya. Bus kepresidenan presiden Amerika tersebut dinamakan 'The Behemoth.' Bus tersebut adalah bus yang digunakan Obama dalam tugasnya. Harga bus ini pun cukup gila yakni mencapai US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 9,35 miliar.



Dari luar, sosok besarnya terasa sangar berkat laburan warna hitam mengilap disekujur bodi lapis baja, termasuk pada bagian kacanya. Hal ini membuat  bus besar ini tampil misterius. Dan layaknya kendaraan presiden Amerika lain bus yang dipakai untuk tur antar kota bagi Obama ini dirancang tahan peluru, bom dan serangan kimia.

Sedangkan bagian interior dikerjakan oleh perusahaan asal Nashville, Hemphill Brothers Co, yang menambahkan ruang rapat dan kamar tidur di dalam bus ini. Ada juga kompartemen khusus yang menyimpan darah cadangan bagi Obama yang dapat dipakai saat darurat.


Lalu apa yang membuat bus ini jadi berharga sedemikian mahal? Ternyata fasilitas yang ada di dalamnya serta sektor keamanan yang membuat harganya melambung tinggi.

Di kabinnya ada area duduk yang berisi dua kursi dan sofa serta empak kursi di bagian belakang. Ada pula banyak telepon dan televisi layar datar yang digunakan Obama maupun staf untuk menjalankan tugas kepresidenan dan mengontrol segala hal. Perusahaan bernama Hemphill yang membangun mobil ini dalam situsnya mengatakan bus ini juga dilengkapi dengan kamar lengkap dengan kamar mandi di dalamnya.





Dan karena ini adalah bus dinas resmi seorang presiden Amerika Serikat maka hampir bisa dipastikan kalau tingkat keamanannya pun akan sangat tinggi.

Sebab mobil dinas Obama saja mampu menahan tembakan senapan mesin hingga ledakan granat. Hal yang sama atau bahkan lebih kuat tentu bisa diaplikasi di bus ini meski Gedung Putih tidak membeberkan secara resmi spesifikasi dan fitur keamanan yang mereka aplikasi di bus tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email