03 December, 2014

Daftar Perusahaan Otobus Yang Menggunakan Bus VOLVO B7R

Volvo AB merupakan salah satu perusahaan otomotif terkenal asal Swedia. Dalam benak masyarakat Indonesia, brand name Volvo ini lekat pada kendaraan eksklusif, kendaraan yang sering dipakai dinas para pejabat negara setingkat menteri dan anggota dewan. Memang, tradisi model yang formal dan cenderung konservatif menjadikan Volvo selaras dengan segala yang bernuansa kedinasan. Lihat di era 90-an, sedan-sedan Volvo banyak diparkir di depan kantor pemerintah.

Chassis VOLVO B7R
Volvo mulai menggebrak pasar bus Indonesia beberapa tahun lalu dengan seri B7R-nya, sebuah bus dengan mesin belakang dilengkapi air suspension dan memenuhi standar Euro untuk uji emisi gas buangnya dan merupakan seri Volvo yang paling banyak dipakai para pengusaha bus di Indonesia.


Chassis ini menggunakan retarder yang dimasukkan ke gearbox. Retarder ini fungsinya untuk memperlambat kelajuan mesin ketika rem diinjak agar mengurangi aus dan gesekan pada rem. Setelah mesin melambat, rem cakram mengambil alih dan membawa kendaraan untuk berhenti..

Rangkanya dibuat dari konstruksi baja yang kuat dengan bagian atas datar. Bagian atas yang datar memudahkan karoseri dalam membangun tubuh bus. Chassis ini dapat dibuat body dengan panjang maksimum sekitar 12,5 meter.

 
Volvo D7E ini memberikan pengemudi akses ke sistem elektronik byang enar-benar baru dan menyajikan informasi secara rinci tentang data kendaraan selama mesin dihidupkan. Data ini memberikan kontribusi, antara lain untuk diagnosis kendaraan dan membantu dalam memantau kinerja secara keseluruhan. Sistem ini juga melakukan kontrol otomatis fungsi dasar seperti tingkat pendingin, tekanan oli, tekanan rem dan tekanan turbo saat mesin dimulai. Panel instrumen baru fitur layar elektronik, yang menunjukkan informasi kendaraan saat ini dan mengingatkan pengemudi jika ada kesalahan yang terjadi. Semua data kendaraan penting terdaftar dan status bus dapat dipantau setiap saat. 


Berikut spesifikasi dari Volvo B7R (sumber : Volvo India)


Engine:
Rear-mounted, 6-cylinder, 7-litre diesel
Output:
D7E290, 213 kW, 1200 Nm
Emissions class:
Euro 3/Euro 4/Euro 5
Gross weight (GVW):
18 metric tonnes
Gearbox:
6-speed manual, 8-speed manual (choice of 2), 4-speed automatic, 6-speed automatic
Retarder:
Volvo compact retarder / Voith retarder
Suspension:
Air
Braking system:
Disc brakes, ABS, Optional retarder
Rear axle:
Rear axle with choice of seven ratios for best performance in each application area.
Steering angle:
50 degrees

Chassis B7R ini bukan chassis yang jarang di Indonesia loh, banyak Perusahaan Otobis di Indonesia yang sudah banyak menggunakan jasa si Volvo ini contohnya : Sumber Alam, Tri Star, Purwo Widodo, Nusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi. 



2. PO Purwo Widodo 


3. PO Rejeki Baru


4. PO Makmur


5. PO Metropolitan


6. PO Tri Star 

7. PO AO Trans 
8. PO Dewi Sri 
9. Inco 

Nah itulah beberapa Perusahaan Otobus yang menggunakan armada bermerk Volvo, sayang Volvo terhiung jarang dipakai pengusaha ottobus di Indonesia.
Purwo Widodo, Ismo, AO Trans, SAN, Nusantara, Colby Persada, Tri Star, Dewi Sri (paling banyak) 16 unit, Metropolitan, Pahala Kencana, Harapan Jaya. Make Money at : http://bit.ly/copy_win

Sumber: http://busdalamfoto.blogspot.com/2014/11/po-sumber-alam-adalah-pemilik-bus-volvo.html
Konten adalah milik dan hak cipta busdalamfoto.blogspot.comNusantara, Pahala Kencana, Metropolitan, Harapan Jaya, Budiman, Dewi Sri, Siliwangi Antar Nusa (SAN), dan masih banyak lagi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email