15 June, 2014

Menikmati Bus Tingkat Werkudara Di Solo

Ada cara paling asyik untuk menikmati kota Solo. Berkeliling dan juga menyaksikan tiap sudut kota selama berjam-jam, dari bangunan kuno bersejarah, bangunan modern, pasar tradisional, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Mungkin dua sampai tiga jam saja. Tapi, anda harus menyingkirkan pikiran mengendarai mobil, motor, andong, sepeda, atau pun becak. Bus Tingkat Werkudara (Wekudoro). Itulah alat transportasi yang akan kita gunakan untuk berkeliling kota dan tentu saja mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di kota Solo.



Mungkin anda heran kenapa bus tingkat ini menggunakan nama Werkudara. Ia adalah seorang tokoh dalam cerita Mahabharata, anak kedua dari trah pandawa atau anda juga dapat menamainya sebagai Bima. Selidik punya selidik ternyata pemberian nama Werkudara dikarenakan tokoh ini mempunyai perawakan tinggi besar, pemberani dan tentu saja gagah perkasa. Mungkin, itulah yang digunakan oleh pemerintah kota Surakarta untuk mewakili bus tingkat dengan ukuran tinggi 4,5 meter; lebar 2,5 meter; warna merah yang ‘ngejreng’ dan tentu saja tempat duduk nyaman berkapasaitas 54 kursi. Bus Tingkat Werkudara ini memiliki style aksara jawa (ho no co ro ko, dll) dengan logo kota Solo “Spirit of Java”.


Selain itu, Bus Tingkat Werkudara ini juga telah memecahkan rekor MURI sebagai bus tingkat pertama yang digunakan untuk tujuan wisata sekaligus sebagai bus produksi dalam negeri.
Sekarang, ayo kita mulai dengan bagaimana cara membeli tiket. Jika anda ingin berkeliling kota sendirian, berdua, bersama rombongan, ataupun ingin menyewa, semuanya akan dilayani oleh pengelola Bus Tingkat Werkudara.

Untuk tiket eceran dikenakan biaya Rp20.000 per orang. Harga tiket bus untuk di-carter Rp800.000 dengan maksimal 3 jam perjalanan, untuk overtime menjadi Rp250.000 per jam. Sedangkan untuk anak usia 3 tahun dikenakan biaya sepanjang menggunakan tempat duduk. Untuk tiket eceran perjalanan retail, anda bisa mendapatkannya di Dishubkominfo bidang angkutan di Jl Menteri Supeno nomor 7 Manahan. Jika anda dari luar kota, anda juga dapat menghubungi contact person di no 0856-4200-5156 (a/n Indri) atau di nomor 0852-2979-0462 (a/n Sandi).

Untuk hari Sabtu – Minggu, Bus Tingkat Werkudara ini beroperasi sebanyak 3 kali dengan jadwal jam 09.00, 12.30, dan 03.30 WIB. Dan bila anda bermaksud memesan tiket, ada baiknya bila satu hari sebelum keberangkatan, anda menghubungi contact person tersebut atau tiket anda akan hangus.

Lalu, bagaimana dengan rute perjalanan yang akan dilewati oleh Bus Tingkat Werkudara? Untuk rute regular atau bukan carteran, bus ini melewati rute jalan-jalan protokol di kota Solo, yang dimulai dari Manahan– Jl. Slamet Riyadi – Purwosari –Gladak – Balaikota – Pasar Gedhe –RSUD dr Moewardi – UNS – Jurug – UNS – Panggung – Pasar Gedhe – Gladag – Pusat Grosir Solo (PGS) – Sangkrah – Alun-alun Utara – Pasar Kliwon – Baturono – Gading – Tipes – Baron – Jongke – Purwosari – Kerten – Manahan (selesai).

Jikalau anda pergi ke Solo beserta rombongan, anda pun bisa memesan paket wisata dengan Bus Tingkat Werkudara.

1. Untuk Werkudara Tour Package A, anda akan dilayani untuk berkeliling kota Solo dan mampir ke beberapa tempat seperti Museum Kuno Danar Hadi di Ndalem Wuryadiningratan, Kampung Batik Kauman, serta PGS (Pusat Grosir Solo).
2. Werkudara Tour Package B mengantarkan anda ke tempat wisata Museum Radya Pustaka, Museum Batik Kuno Danar Hadi, dan Pusat Grosir Solo.
3. Werkudara Tour Package C melayani anda menuju ke tempat wisata Museum Radya Pustaka, Pusat Grosir Solo, dan Kampung Batik Laweyan.
4. Sedangkan paket terakhir, Werkudara Tour Package D akan mengantarkan anda menuju ke tempat wisata Museum Batik Kuno Danar Hadi, Pusat Grosir Solo, dan Kampung Batik Laweyan.
Semua paket yang ada sudah termasuk tiket masuk obyek wisata yang dikunjungi, tip untuk sopir, guide atau pemandu, air minum, serta camilan tradisional.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas yang bisa dinikmati oleh para penumpang Bus Tingkat Werkudara?
Saat anda naik bus merah ini, kesan pertama yang muncul tentu saja desain interior yang bagus yang dilengkapi dengan TV, kursi VIP di lantai I, dan juga AC untuk bisa ngadem. Tetapi, bagi anda yang ingin naik ke lantai dua, AC-nya termasuk AC alami karena atapnya bisa dibuka sehingga anda dapat merasakan hembusan angin saat bus sedang berjalan. Selain itu, lantai dua pun didesain lebih besar dengan jangkauan pemandangan yang lebih luas. Hanya saja, jika hari sedang terik maka anda pun harus terpanggang matahari. Tapi, memilih di lantai satu ataupun di lantai dua tentu saja tergantung pilihan anda.

Dan sebagai ikon wisata baru di kota Solo, Bus Tingkat Werkudara ini pun kini ditambah lagi dengan fasilitas baru yaitu hot spot dan fotografer. Jadi, walaupun anda sedang berkeliling kota Solo, anda pun masih bisa terhubung dengan teman-teman anda yang ada diseluruh dunia dan tentu saja tetap bisa eksis dan narsis di jejaring sosial sampai puas hingga sampai tujuan.

Sedangkan fasilitas fotografer ini dapat anda manfaatkan bila anda ingin mengambil tiap momen dalam bus agar bisa menjadi kenangan indah saat berkunjung ke Solo. Jadi, anda tidak perlu repot minta bantuan penumpang lain untuk narsis di Bus Tingkat Werkudara. Semua fasilitas yang disediakan ini memang bertujuan untuk menyenangkan dan menghibur para penumpang saat berkunjung ke kota Solo.

Bagaimana ya sensasi berkeliling kota Solo dengan naik Bus Tingkat Werkudara? Tentu saja sangat mengasyikan. Hampir semua orang yang pernah naik bus ini mempunyai kesan positif dan mengapresiasi fasilitas baru dari kota Solo. Bukan hanya itu, bus ini biasanya juga akan berhenti di dua tempat pemberhentian (untuk perjalanan reguler) yaitu di Jalan Slamet Riyadi dan di Taman Hewan Jurug. Disana, anda akan dapat menikmati jajanan yang dijual oleh bakul-bakul minuman.



Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda naik Bus Tingkat Werkudara. Bila anda memutuskan untuk naik di lantai atas, terkadang anda akan menemui pohon dengan rantingnya yang rindang. Jadi, anda pun tetap harus waspada bila nanti melewati pepohonan tinggi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jika anda berwisata bersama anak kecil, jaga dan ajak mereka untuk tetap duduk tenang dan tidak membiarkan mereka berlari-lari di dalam bus karena dapat membahayakan mereka sendiri. Kita tidak akan tahu kalau supir bus berhenti mendadak, bukan?

Dan yang terakhir, tambah mengasyikkan kalau berkeliling kota Solo sambil makanan snack dan minuman yang dibawa dari rumah. Pasti tambah seru. Selamat berlibur.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email