12 June, 2014

Bus Gandeng SCANIA Euro 6 Di Banderol Seharga Rp 5,8 Miliar

Saat ini bus gandeng Scania Euro 6 telah didaftarkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). LKPP sedang memprosesnya agar bisa masuk dalam e-catalogue.
Harga satuan yang didaftarkan ke LKPP adalah Rp 5,8 miliar per satu unit bus. Bus gandeng ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 140 orang. Diantaranya ada 42 tempat duduk dan dua tempat duduk untuk kaum disabilitas.

Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (ketiga kiri), dan Dubes Swedia untuk Indonesia Ewa Polano (keempat kiri), berfoto saat uji coba bus gandeng Scania Euro 6 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (8/5). (sumber: BeritaSatu.com/Lenny Tristia Tambun

Dipaparkan Loudy, bus gandeng Scania Euro 6 sangat efisien dan ramah lingkungan karena menggunakan mesin gas yang dirakit dengan teknologi ramah lingkungan. Mesin berbahan bakar gas Euro 6 memberikan solusi atas tingginya tingkat polusi di kota besar. Karena kadar NOx (Nitrogen oxides) yang dihasilkan mengalami penurunan sebesar 87,5%, jika dibandingkan dengan kadar NOx pada emisi Euro 3.

"Bus gandeng ini juga punya daya tahan tinggi, karena karoseri dari aluminium yang anti korosi (karat). Juga nyaman karena menggunakan teknologi electronic brake system (EBS), yang tingkat pengeremannyamaksimal dibandingkan sistem konvensional," ujar Loudy.
Terdapat sistem antilock brake system (ABS). Yaitu jumlah kejut rem per detik diatur secara otomatis oleh komputer yang dibaca melalui sensor.

Sedangkan saat berhenti di tanjakan, pengemudi akan dibantu dengan fitur hill hold. Itu merupakan teknologi yang membuat  tidak akan mengalami rollback yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Scania merupakan perusahaan Swedia yang memproduksi kendaraan komersil khususnya truk heavy duty dan bus premium. Scania memiliki fasilitas produksi di Swedia, Perancis, Belanda, Brazil, Polandia dan India. Saat ini, Scania telah memproduksi danmenual lebih dari 1,4 juta truk dan bus di pasar global.

Sedangkan United Tractors (UT) merupakan distributor terbesar di Indonesia yang memasarkan alat berat, truk dan bus premium terkemuka. Jaringan distribusi UT mencakup 19 kantor cabang, 22 kantor site support dan 12 kantor perwakilan. Sejak tahun 2004, UT dipercaya menjadi distributor resmi Scania di Indonesia. Fasilitas yang dikelola UT mencakup pabrik perakitan CKD yang dibangun pada 2012.



Sumber: beritasatu.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email